Jumat, 16 April 2010

Pasuruan Punya "Teachers Learning Center"

 Pusat pengembangan kualitas guru pertama di Indonesia, 'Teachers Learning Center' (TLC), diluncurkan di Pasuruan, Kamis (15/4/2010). Guru diminta proaktif agar keberadaan TLC bisa maksimal.TLC merupakan sebuah pusat informasi yang dibangun berkat kerjasama Sampoerna School of Education, Pemkot/Pemkab Pasuruan, dan komunitas guru setempat. Tempat ini dilengkapi perpustakaan yang menyediakan buku-buku pendidikan dan keguruan, alat peraga, lima unit komputer yang terkoneksi internet, juga gedung pertemuan untuk diskusi.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Professor Baedhowi mengatakan, TLC akan saling mengisi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berada di tingkat provinsi.
"Setiap bentuk punya strategi pengembangan mutu yang berbeda. Apa yang dilakukan TLC dan LPMP tidak akan tumpang-tindih, justru substitusi," jelasnya. TLC sengaja dirancang sebagai pusat pengembangan yang berbasis komunitas.

http://edukasi.kompas.com/read/2010/04/15/21484162/Pasuruan.Punya.Teachers.Learning.Center-14
Ketua Sampoerna School of Education (SSE) Paulina Pannen mengatakan, karakteristik komunitas ialah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dan langsung dalam setiap program pengembangan. "Artinya kalaupun sudah ada TLC, guru tidak boleh lepas tangan. Justru merekalah yang punya andil untuk mengembangkan diri lewat keberadaan TLC," ucap Pauline.
Hingga saat ini, koleksi buku yang dimiliki TLC masih terbatas. Koordinator TLC Stien Matakupan mengatakan, dari 1.000 buku yang ditargetkan bisa dimiliki, baru satu perlimanya yang mampu dipenuhi. "Kami inginnya guru-guru yang berinisiatif untuk mengisi perpustakaan dengan jurnal-jurnal maupun makalah yang sudah mereka buat," katanya.
Sebagai langkah awal, SSE akan menyediakan fasilitator untuk mendampingi guru selama tiga tahun. Mereka difokuskan untuk membuat program terkait metode pembelajaran di dalam kelas. Meskipun terletak di Kota Pasuruan, TLC boleh diakses oleh guru di manapun. Mereka bisa mencari bahan ajar lewat internet dan berdiskusi dengan sesama guru di sekolah lain.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pasuruan Punya "Teachers Learning Center""

Posting Komentar