Sabtu, 14 Mei 2011

Juni Nusantara Game Online pertama 100% buatan Indonesia Di luncurkan

VIVAnews - Setelah melakukan perbaikan di sana-sini, akhirnya Nusantara Online, game online bertema sejarah lokal, akan segera diluncurkan.
"Nusantara Online akan meluncur secara komersial pada bulan Juni mendatang," ujar Direktur Utama Nusantara Online Heru Nugroho, dalam acara softlaunch yang digelar di Digital Lounge Mall of Indonesia, Kelapa Gading Jakarta, Senin 9 Mei 2011.
Nusantara Online menggandeng Telkom sebagai pihak yang menyediakan infrastruktur dan membantu sosialisasi dan pemasaran game online ini. "Kami melakukan bagi hasil dengan Nusantara Online," ujar Joddy Hernadi, Executive General Manager Divisi Multimedia Telkom pada kesempatan yang sama.
Menurut Joddy, ini merupakan langkah pengembangan Telkom ke bisnis edutainment (edukasi dan hiburan) yang diharapkan bisa mencerdaskan pengguna dengan cerita game yang berlatar belakang sejarah kebudayaan nusantara.
Heru mengatakan, di tahap awal, Telkom telah menyiapkan 14 server yang 10 di antaranya didedikasikan khusus untuk online game ini. Heru memperkirakan, dengan server yang tersedia, Nusantara tetap bisa dimainkan oleh sekitar 100 ribu pengguna secara bersamaan (concurrent user).
Ia juga menjelaskan bahwa Nusantara Online adalah game online Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) pertama yang 100 persen menggunakan konten lokal, termasuk engine game lokal bernama ANother Game Engine Library (ANGEL). Kebanyakan game-game online lain, biasanya menggunakan engine game besutan Korea.
Selain itu, game ini juga mengambil latar cerita dari sejarah kerajaan-kerajaan nusantara. Pemain bisa bermain sebagai karakter seorang ksatria, resi, atau pedagang, di zaman kerajaan Sriwijaya, Majapahit, atau Pajajaran.
Saat ini, game ini sudah bisa dicoba secara gratis melalui www.nusol.web.id. Pada saat peluncuran komersial nanti, game itu juga bisa dimainkan secara gratis, namun para pemain bisa membeli berbagai item dan aksesori virtual yang akan membantu pemain dalam permainan, dengan poin yang bisa dibeli melalui pembelian voucher.
"Bila seseorang ingin membeli sebuah keris, pakaian, atau jamu yang bisa mendukungnya dalam permainan, mereka bisa mendapatkannya dengan membeli voucher," kata Heru.
Bagi para pelanggan layanan internet Telkom Speedy, Telkom menyediakan gratis voucher Nusantara Online selama 3 bulan, poin token sebesar 5000, dan diskon voucher berikutnya sebesar 50 persen.
read more...

Cara Pemasaran di Media Sosial


Media sosial atau situs jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, dan Koprol sudah menjadi lebih dari sekadar ajang berteman. Media sosial juga bisa berfungsi sebagai media membangun kepedulian dan memasarkan produk. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk tujuan itu?
Danny Wirianto, Chief Marketing Officer KasKus, forum internet terbesar di Tanah Air, mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai pemasaran di media sosial. Pertama, kata Danny, "Read before write." Artinya, proses pemasaran lewat media sosial harus didahului dengan riset.
Riset akan mengefektifkan mekanisme pemasaran yang dilakukan. Riset bisa berkisar tentang karakter pengguna media sosial, misalnya dengan melihat cara komunikasi dan apa yang dikomunikasikan dalam media itu.
"Kenali apa yang mereka bicarakan," kata Danny. "Setelah tahu, lalu buat analisis. Susun strategi kecil dan lemparkan. Lakukan inception, persis seperti yang ada di film Inception itu," papar Danny dalam ajang SparxUp Seminar bertema "Understanding Social Media 2011" di Jakarta, pekan lalu.
Untuk melakukannya, berbagai cara bisa diaplikasikan. Danny mencontohkan satu langkah yang bisa diterapkan. Caranya, mengomunikasikan secara personal sehingga produk baru seolah dianggap rahasia. Dengan cara itu, orang akan dianggap istimewa.
"Informasi yang tadinya dianggap rahasia nantinya pasti malah disebarkan. Untungnya ada pada kita. Secara tidak langsung kita berhasil menyebarkan berita tentang produk kita," kata Danny. Setelah itu, lihat apa yang terjadi. Kalau enggak berhasil, ubah strateginya.
Dalam pemasaran lewat media sosial, dia juga menggarisbawahi bahwa setiap media sosial unik. Jadi, cara pemasaran di setiap media sosial mesti memiliki strategi yang berbeda sesuai dengan karakter penggunanya. "Jangan pukul rata. Jadi, kalau di Facebook, misalnya, jangan lalu pasang hasil scan pamflet promosi dan di-tag ke banyak nama. Kalau caranya seperti itu, pasti akan diabaikan oleh pengguna," papar Danny.
Sementara itu, Danny juga mengemukakan pentingnya membangun engagement (keterikatan) dengan konsumen. Hal ini berguna untuk mempertahankan relasi dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas produk. Dalam membangun engagement, memberi konsumen pengalaman bisa menjadi senjata. Ia mencontohkan aplikasi game yang digarap beberapa situs sebagai salah satu cara membangun engagement.
"Seperti jejaring sosial Facebook. Pengguna tidak pernah lupa karena pernah memainkan Farmville. Ini yang jadi satu nilai lebih untuk Facebook sekarang sehingga masih bisa bertahan," kata Danny.
Dalam skala yang lebih luas, media sosial bisa berfungsi sebagai media untuk melakukan engagement. Media sosial menjadi cara ampuh mengetahui isu-isu tentang produk yang beredar di masyarakat. "Kalau ada produk yang dijelekin, obrolannya pasti ada di social media. Jadi, pihak perusahaan harus seperti PR (humas), harus juga memantau social media, tidak hanya koran-koran besar," katanya.
Engagement bisa dilakukan dengan merespons secara cepat masalah yang muncul. Klarifikasi yang cepat dalam menangani masalah sangat berpengaruh pada citra produk.
read more...

Skype di beli Microsoft senilai Rp 72 Triliun.


NEW YORK, KOMPAS.com - Tidak hanya 7 miliar dollar AS seperti dirumorkan, tapi 8,5 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 72 triliun yang dikeluarkan Microsoft untuk mengakuisisi Skype. Ini tercatat sebagai nilai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Microsoft.
Begitu besar ambisi Microsoft untuk menguasai Skype. Bahkan, harus bersaing dengan Google dan Facebook yang dikabarkan juga tertarik membeli Skype. Kira-kira apa alasan di balik ini semua?
"Skype adalah layanan fenomenal yang disukai jutaan orang. Bersama-sama kami dapat menciptakan masa depan komunikasi real time sehingga orang dapat dengan mudah saling terhubung baik di antara anggota keluarga, teman, klien, dan kolega di manapun di sleuruh dunia," itulah alsan yang dikemukakan Steve Ballmer, CEO Microsoft saat mengumumkan akusisi tersebut, Selasa (10/5/2011) di San Francisco, AS.
Skype selanjutnya akan menjadi unit bisnis baru di Microsoft. CEO Skype Tony Bates tetap dipertahankan. Namun, ia kini mendapat jabatan baru Presiden Microsoft Skype Division dan akan bertanggung jawab langsung kepada Steve Ballmer.
"Di Microsoft kami melihat kesempatan besar untuk bersama-sama menyediakan semua yang diinginkan setiap orang dalam satu layar. Kami berkomitmen mengoptimalkan Skype ke TV dengan XBox, untuk ponsel, dan untuk PC," ujar Steve Ballmer didampingi Tony Bates.
Membeli Skype memang menjadi jalan buat Microsoft untuk menjadi nilai tambah untuk meningkatkan lagi image software buatannya. Dalam waktu bersamaan sekaligus mengambil peluang di industri smartphone yang sedang berkembang pesat. Meski Windows masih mendominasi pasar software komputer, produk Microsoft lainnya seperti Bing dan smartphone berbasis Windows Phone masih jauh ketinggalan dengan para pesaingnya.
Saat ini, Microsoft memang punya layanan semacam Skype yakni Windows Live, namun popularitasnya jauh lebih kecil. Skype sendiri telah digunakan sekitar 170 juta orang di seluruh dunia dan lintasplatform. Jadi melakukan telepon internet dari smartphone seperti iPhone ke komputer bermerek Dell sudah tak ada halangan lagi. Belum lagi, saat Skype masuk menjadi platform komunikasi para pengguna XBox saat bermain game atau menjadi platform komunikasi di software untuk perusahaan. Apa saja terobosan yang akan dilakukan Microsoft dan Skype? Tunggu saja.
read more...

Blogger Akan Menutup Akun Lama Bulan Juni 2011


JAKARTA, KOMPAS.com — Proses perbaikan layanan Blogger.com tak kunjung usai sejak dilakukan pada tanggal 11 Mei 2011. Spekulasi pun mulai bermunculan di internet. Kabar yang saat ini tengah berembus, perbaikan paling lama sepanjang sejarah Blogger.com ini terkait rencana bahwa layanan tersebut akan segera ditutup pada 25 Juni 2011.
Seperti dilansir situs Softpedia, memang benar akan dilakukan penutupan terhadap layanan Blogger pada bulan Juni mendatang. Tapi tenang dulu. Layanan Blogger yang ditutup tersebut bukanlah secara menyeluruh, melainkan akun Blogger lama yang mendaftar sebelum tahun 2007 dan sampai sekarang belum mengintegrasikan akun Blogger mereka dengan akun Google.
Sebelum Blogger diakuisisi Google, layanan tersebut memang menggunakan sistem akun sendiri sampai tahun 2006. Setelah proses akuisisi dilakukan, baru akun baru mulai diberlakukan dan pengguna diminta melakukan migrasi pada tahun 2007.
Selama empat tahun itu ternyata integrasi tidak dilakukan secara otomatis sehingga pada akhirnya Blogger memutuskan akan segera menghapus dukungan bagi akun pengguna lama. Tidak hanya akan lama yang berhenti bekerja, tetapi blog yang terkait dengan pengguna lamanya pun tentu juga akan segera dihapus jika penggunanya tidak segera bermigrasi ke sistem yang baru pada 25 Juni 2011.
Sebelumnya, Google juga menghadapi masalah yang sama di YouTube dan telah mengeluarkan peringatan serupa baru-baru ini. Mereka meminta para penggunanya untuk memiliki akun Google terlebih dahulu.
Menurut informasi yang beredar, sebelum proses penutupan akun lama Blogger dilakukan, akan ada keterangan lebih lanjut sebelum 25 Juni 2011.
read more...