Rabu, 26 Mei 2010

15 TIPS DALAM MENDOWNLOAD VIDEO

Terdapat banyak film di internet. Namun apakah menontonnya berarti melanggar hukum? Kami menunjukkan, bagaimana cara mendapatkan blockbuster, tentu saja secara legal.

1. Hati-hati dengan film-film yang beredar secara ilegal
Menonton film layar lebar melalui situs kino.to, menurut lembaga hak cipta, dianggap sebagai pelanggaran, namun tidak juga dapat dikenai sangsi hukum.  Para ahli hukum masih mempermasalahkan, apakah hal tersebut diperbolehkan, mengingat di situs tersebut memang tersedia salinan film secara ilegal. Entah legal apa tidak, tapi yang pasti kita harus membayar abonemen untuk itu. Terserah Anda!


2. Film-film legal di internet
Selain ada begitu banyak tawaran yang ilegal, ada juga beberapa situs online yang menyediakan layanan video (film) secara legal, contohnya maxdome, videoload, iTunes atau Video Buster. Adapun kualitas gambarnya hampir sama dengan DVD. Pada beberapa provider, kita dapat melakukan streaming gambar di monitor per set-top-box melalui WLAN. Harganya tidak jauh berbeda dengan video orisinil, sekitar 2 sampai 4 Euro.

3. Blockbuster gratis
Bagi yang tidak mau mengeluarkan uang, tetapi juga tidak mau menonton film secara ilegal, maka dapat memanfaatkan provider-provider untuk video gratis. Anda dapat mengaksesnya secara gratis melalui www.maxdome.de dan free.videoload.de, juga situs seperti movies.msn.de atau videothek.vodafone.de. Film-film yang ada biasanya bukan film-film baru, akan tetapi tetap saja banyak juga orang mendapatkan film bagus seperti „Good Will Hunting“.


4. Sedikit film, banyak seri
Beberapa provider atau distributor film menyediakan blockbuster secara online hanya untuk  jangka waktu pendek. Kemudian mereka menariknya kembali, mungkin selama 2 tahun tidak dapat diakses lagi secara online. Tips: melalui www.videoload.de Anda dapat memilih seri-seri film yang baru setelah launch di Amerika. Di Jerman sendiri dapat diakses melalui www.myspass.de, rtlnow.de atau www.voxnow.de.


5. Video lanjutan yang praktis untuk firefox
Tidak selalu mungkin menonton video melalui mozilla. Hal ini karena Anda harus melewati portal berbayar yang hanya berlaku bagi internet explorer di mana terdapat sistem DRM (Digital Rights Management).
Untuk memungkinkannya, Anda harus menginstal firefox, karena di sini terdapat fitur add-on praktis seperti Greasemonkey, yang dapat didownload secara gratis melalui http://www.addons.mozilla.org. Anda akan terhubung dengan www.userscripts.org.  Dengan begitu kelanjutan video secara praktis dapat Anda nikmati sehingga Anda dapat lebih nyaman menontonnya. Hal ini juga berlaku untuk mediatek seperti ZDF, filehoster seperti Youload dan Archiv.to atau situs-situs video seperti YouTube.
Secara otomatis akan muncul hyperlink (skrip) pada situs tersebut, misalnya muncul buttons, di mana Anda dapat menentukan sendiri besar-kecilnya YouTube Player sesuai dengan keinginan.

6.Menangani pemblokiran koneksi
Memang menjengkelkan apabila pada wesite berbahasa inggris seperti www. nbc.com Anda tidak boleh mengakses tayangan atau serial dari suatu film Hambatan ini muncul karena IP Anda terbentur masalah Geo Coding. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan program-program seperti Hot Spot Shield atau Proxy. Menurut ahli hukum Christian Solmecke, jenis akses semacam ini masih dipertanyakan: dilarang atau tidak. Oleh karena pihak provider mayorits berasal dari Amerika, maka di sini hukum jerman tidak berlaku (tak tersentuh).


7. Membuka mediatek dari ZDF, ARD & Co.
Beberapa stasiun TV menyediakan layanan siaran via internet, walaupun seringkali hanya dalam durasi yang singkat. Mereka memiliki program untuk membuat media player VLC menjadi sebuah video recorder dan merekam beberapa film yang sedang online. Dalam hal ini Anda memerlukan URL yang tepat dari video tersebut. Pada source code jarang terdapat URL, maka Anda harus membuka Shareware URL Snooper, yang dapat diperoleh melalui www.donationcoder.com  yang berlaku (sebagai uji coba) selama 30 hari.
Apabila Anda menyalinnya sekarang pada VLC melalui fitur >>Media|Convert/Save|Network<< , maka mesin ini akan menyimpan film tersebut. Tentu saja ini tidak akan berfungsi bagi konten yang dilindungi dengan DRM, melainkan hanya pada beberapa situs video gratis. Perhatian: Download yang Anda lakukan hanya diperbolehkan untuk kepentingan pribadi.

8. Menonton Bundesliga secara live
Hati-hati dengan tayangan bundesliga via tool seperti Sopcast, karena streaming yang ada bersifat illegal (menggunakan teknik P2P). Hal ini tentunya dilarang. Berbeda halnya dengan www.justin.tv. Di sini Anda hanya memerlukan browser. Alternatif lain yang lebih baik: Anda dapat mengakses seluruh siaran radio secara legal dan gratis melalui www.90elf.de.


9. YouTube de luxe
Youtube merupakan video portal nomor satu. Mayoritas klip dapat diakses melalui situs ini. Kini orang punya pilihan: ingin sekedar menonton atau memang karena memanfaatkan fungsinya. Ada juga situs yang lebih canggih dan berdaya cakup luas: www.idesktop.tv. Situs ini menampilkan banyak sekali klip youtube, tentunya harus melakukan registrasi terlebih dahulu secara gratis. Hasil download dapat ditambahkan ke playlist, atau dikonversi dalam format mov atau AVI.

10. Tidak perlu searching lama

Google memang merupakan search engine terbaik. Tetapi dalam urusan pencarian video ada beberapa situs yang lebih unggul. Melalui www.truveo.com Anda dapat memilih kata kunci berdasarkan provider video dan kategori seperti sport atau entertainment. Yang tidak kalah menarik: Situs clipclub.video.msn.de menyuguhkan video-video atas konsep mind mapping.

11. Program-program TV via internet, tanpa menggunakan TV-card
Anda tidak lagi memerlukan tv card atau DVB-T stick untuk melihat ARD atau ZDF dari komputer. Anda dapat melakukan streaming secara gratis melalui website zattoo.com secara online. Adapun stasiun televisi yang menyediakan kemudahan seperti ini antara lain stasiun negeri atau swasta seperti DSF, Das Vierte atau DMAX. Anda tidak perlu menggunakan software melainkan cukup melalui browser. Layanan TV melalui zattoo ini begitu praktis saat Anda bepergian atau melakukan perjalanan jauh. Anda cukup menggunakan jasa web. Dengan beberapa kali klik, tayangan TV pun akan muncul di layar notebook Anda di kamar hotel. Tapi sayang sekali situs ini hanya berlaku di Jerman, Denmark, Prancis, Inggris, Spanyol dan Swiss. Zattoo mengetahui keberadaan Anda melalui IP Anda. Dari sini Zattoo juga secara otomatis akan mengirimkan link/kanal. Tentu saja provider dari suatu negara setempat memiliki hak-hak tertentu atas link ini.
Apabila Anda tidak mau mengakses proxy Jerman, Anda dapat memanfaatkan zattoo entah di Jerman atau di Swiss terutama ketika Anda sedang berlibur untuk bermain ski di negara ini. Di sana Anda dapat menerima lebih banyak lagi stasiun televisi swasta.


12 Menyimpan siaran tv dan film
Apabila video recorder Anda di gudang telah usang, sedangkan Anda masih ingin sekali menyimpan (save) acara tv favorit Anda, maka sudah barang tentu bantuan dari layanan online www.onlinetvrecorder.com sangat diharapkan. Selain gratis, website ini juga mudah diakses: cukup verifikasi account, pilih film, dan setelah itu Anda langsung bisa mendownloadnya. Sebuah film (fiksi) biasanya memiliki kapasitas 1GB. Setelah proses download, Anda masih harus mengkonversi data dari format otrkey ke dalam bentuk DivX-File. Untuk itu diperlukan tool (Multidecoder) yang telah disediakan oleh provider yang ada, tentu saja secara gratis. Mungkin butuh sekitar beberapa detik dalam proses konversi ini, untuk selanjutnya dapat diputar kapanpun Anda mau.


13 Mengedit video dari internet
Mengedit itu mudah, apakah Anda mendownload video dari Youtube atau menyimpannya dengan bantuan online video recorder, entah  trailer atau bahkan iklan. Dengan open source tool seperti VirtualDub (virtualdub.org) Anda bisa melakukannya dengan efisien. Jika Anda belum menginstall Codec XviD, maka Anda harus klik www.xvid.org. Anda dapat men-drag film-film ke window untuk diedit: misalnya memberi tanda pada film, menghilangkan part yang tidak perlu dll.
Semua ini dapat Anda lakukan dengan mengikuti menu yang ada, contohnya menu Edit, Video, Audio, Direct Stream Copy. Ini berarti, Anda telah menghemat kapasitas memori komputer Anda melalui proses konversi sehingga data yang Anda dapatkan adalah data yang telah rampung.


14 Mengkonversi dan melakukan burning untuk film-film online
Apabila Anda mentransfer sebuah film online ke komputer ,mungkin Anda mengkhawatirkan kapasitas hard disk yang ada. Apa yang dapat Anda lakukan adalah mem-burning film (dari berbagai format) tersebut dengan software gratis (DVD Converter) melalui www.chip.de. Misalkan data (video) tersebut mempunyai format tertentu yang tidak bisa diproses oleh tool ini, maka mintalah bantuan Freeware Super (www.erightsoft.com).
Ini merupakan allround converter, yang sanggup mengkonvert video dari format apapun, bahkan dapat mengkonvert videoclip ke dalam bentuk MP3 file.

15. Video web di TV
Di kompleks perumahan seringkali kita melihat kabel-kabel yang menyilang untuk menghubungkan komputer dengan TV, hal seperti ini dianggap nyaman. Dengan bantuan Fritzbox 7270, FritzWLAN USB Stick dan Firmware yang dapat diakses gratis melalui www.avm.de/labor, maka Anda dapat mengatur WLAN adaptor menjadi streaming stick. Ini masih harus Anda sambungkan dengan pesawat TV melalui USB. Format file dapat berupa JPEG, MP3 atau AVI dari komputer. Apabila Anda tidak memiliki USB-Port pada pesawat TV, maka dapat memanfaatkan HD-Center dengan HDMI-Port melalui mediaplayer “WDTV Live” (harganya sekitar 85 Euro), dimana Anda dapat menambahkan media perekam eksternal melalui USB. Anda juga dapat mengaktifkan WLAN.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "15 TIPS DALAM MENDOWNLOAD VIDEO"

Posting Komentar