Senin, 26 April 2010

XL Ingin 'Lompat' ke LTE

JAKARTA - XL berniat langsung mengupgrade jaringannya ke LTE. Saat ini, jaringan XL masih berkutat di HSPA dengan kecepatan downlink 7,2 Mbps. Dalam tiga hingga enam bulan ke depan XL akan melakukan ujicoba jaringan Long Term Evolution (LTE) bersama Ericsson.

"Kami masih melakukan kajian karena untuk menggelar jaringan LTE diperlukan ekosistem yang mendukung. Kami masih berpikir apakah akan langsung ke LTE,"  ujar Direktur Jaringan XL Dian Siswarini saat penandatanganan kesepakatan persiapan ujicoba LTE di Hotel Gran Melia, Senin (26/4/2010).

LTE dikenal sebagai generasi terbaru yang menawarkan kecepatan downlink hingga 100 Mbps. XL sendiri, menurut Dian tak ingin gegabah menggelar jaringan LTE. Berkaca dari pengalaman 3G di tahun 2006. Ketika itu XL telah menggelar jaringan 3G-nya namun bisa dikatakan berdarah-darah alias belum untung. XL baru merasakan keuntungan di tahun 2008.

"Kita sangat hati-hati untuk menggelar LTE. Kami masih mengkaji," kata Dian yang belum bisa menargetkan kapan akan resmi mengkomersialisasikan LTE.

Layanan data XL, menyumbang sekira satu persen dari total revenue XL. Di tahun 2009 jumlah tersebut meningkat menjadi empat persen. Dan di tahun 2010 ini ditargetkan meningkat menjadi delapan persen.

"Investasi 3G selama 2006-2008 mencapai Rp2 triliun, tapi belum menghasilkan uang," kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Regional head of south East Asia and Oceania Ericsson, Arun Bansal mengatakan, di kawasan Asia Tenggara, negara-negara seperti Singapura telah melakukan ujicoba. LTE kemungkinan bisa digelar dua hingga tiga tahun ke depan di Indonesia.

Perlunya penggelaran jaringan LTE di Indonesia tak terlepas dari tingginya penetrasi mobile telecommunication di Indonesia.Survei yang dilakukan Ericsson Consumer Lab menunjukkan bahwa penetrasi mobile telecommunication di Indonesia terus meningkat dari 2005-2009, dari 25 persen ke 60 persen.

"Di dunia diprediksi akan mencapai 50 miliar koneksi pada tahun 2020, bukan suatu hal yang mustahil bisa mencapai 7,5 miliar koneksi, untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan bandwidth yang lebar dan kecepatan yang tinggi seperti LTE," kata Arun. 
 
sumbernya 

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "XL Ingin 'Lompat' ke LTE"

Posting Komentar