Senin, 12 April 2010

Jika Anda Cemburu & Dicemburui Rekan Sekantor

 
RASA cemburu dalam dunia kerja bisa muncul tiba-tiba. Entah karena ada karyawan yang prestasi atau jabatannya cepat melaju, ada karyawan yang sering dipuji atasan, atau menjadi ”anak emas” bos. Rasa cemburu juga tak pandang bulu, entah itu karyawan senior, junior, atau cemburu antara atasan yang satu dengan atasan yang lain.

Jika rasa cemburu datang, setiap orang tak perlu menyangkalnya. Penulis Johanna Rothman justru menganjurkan agar rasa cemburu tersebut diakui dan segera berdamai dengannya.

"Jika Anda tidak mau mengakui kalau Anda cemburu, setidaknya Anda harus berdamai dengan rasa itu. Jika tidak, hubungan Anda dan rekan kerja akan memburuk," ujar Johanna Rothman, penulis buku ”Behind Closed Doors: Secrets of Great Management", seperti dikutip dari Yahoo! Hotjobs.

Karena itulah Rothman memberikan beberapa tip bagi orang yang cemburu atau dicemburui rekan kerjanya.


Jika Anda yang cemburu

1. Coba evaluasi diri

Lakukan evaluasi kerja Anda selama ini, apakah Anda sudah bekerja dengan baik dan maksimal. Apakah Anda layak cemburu pada rekan kerja yang mendapatkan promosi atau memang Anda yang belum layak mendapatkan promosi.

2. Bicara pada atasan

Bawa hasil evaluasi yang Anda atau perusahaan berikan, dan tunjukkan pada atasan. Tanyakan mengapa Anda tidak mendapatkan promosi tersebut. Pastikan bahwa tujuan Anda melakukan ini bukan untuk menantang melainkan memastikan bahwa lain kali Anda yang mendapatkan promosi tersebut. Pasalnya, sering kali bos tidak menyadari potensi yang Anda miliki.

3. Tingkatkan potensi diri

Tanyakan pada orang yang Anda cemburui bagaimana ia meningkatkan keterampilannya. Setelah itu, tingkatkan keterampilan Anda agar menyamai bahkan melebihi keterampilannya.


Jika Anda yang dicemburui

1. Jalin komunikasi

Cobalah mendekatkan diri dengan rekan kerja yang cemburu. "Sering kali kecemburuan muncul karena tidak adanya komunikasi antara yang cemburu dan dicemburui," ujar konsultan karier Tina Lewis Rowe. Karena itulah, bersikap baik dan menjalin hubungan akrab dengan rekan kerja yang lain, terutama yang cemburu, akan mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa cemburu. Jika hubungan sudah akrab dan menyenangkan, otomatis rasa cemburu akan segera hilang.

2. Tak perlu meminta maaf

Sangat manusiawi jika Anda merasa tak enak jika rekan kerja kecewa karena promosi diberikan kepada Anda. Tapi bukan berarti Anda harus meminta maaf kepadanya karena Anda yang mendapatkan promosi. "Jika Anda meminta maaf, itu malah akan menyakiti hatinya," tandas Lewis Rowe.

3. Munculkan kekuatan tim

Jika promosi Anda menimbulkan beberapa gejolak, Anda tak perlu pusing. Lebih baik Anda menganalisa tim Anda agar setiap orang yang tergabung didalamnya bisa memberikan yang terbaik yang dimilikinya. "Jadikan mereka semua bintang. Dengan begitu orang akan melihat bahwa Anda layak mendapatkan jabatan baru tersebut," ujar Lewis.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Jika Anda Cemburu & Dicemburui Rekan Sekantor"

Posting Komentar