Kamis, 02 Juni 2011

PENYAKIT KUNING PADA BAYI BARU LAHIR

Seminggu setelah kelahiran dua putri saya kena sakit kuning.Pertama  sempat panik juga sih..tapi saat anak kedua udah sedikit tenang. Nah biar para Bunda gak ikutan panik kyk saya nih ada ulasan tentang penyakit kuning pada bayi.
Mudah2an bermanfaat buat para Bunda yah..
Penyakit kuning (jaundice) pada kulit bayi yang baru lahir adalah hal yang biasa dan biasanya bukan penyakit yang serius.
Namun ada kalanya penyakit kuning yang berat dapat mengakibatkan cerebral palsy, ketulian atau kemunduran mental. Tetapi komplikasi ini jarang sekali ditemui karena adanya pengobatan-pengobatan yang efektif untuk setiap bayi yang mengidap sakit kuning secara signifikan, yang kemudian tetap dilakukan pengobatan berjalan setelah keluar dari rumah sakit.
Apakah penyakit kuning itu?
Penyakit kuning adalah perubahan warna pada kulit bayi yang menjadi kekuningan yang diakibatkan karena kelebihan bilirubin dalam tubuh. Bilirubin adalah zat yang terdiri dari sel darah merah, dan kemudian hati yang menyingkirkan pigmen bilirubin melalui tinja. Pada bayi yang baru lahir, bilirubin yang diproduksi oleh tubuhnya jauh lebih banyak dibanding jumlah yang
dikeluarkan sehingga mengakibatkan penimbunan bilirubin dalam darahnya.
Seringkali para orang tua melihatnya dari mata si bayi. Tetapi meski begitu memang sulit bila dilihat bayi terkena sakit kuning atau tidak dari matanya karena mata bayi lebih sering tertutup. Penyakit kuning biasanya terlihat pada bagian hidung dan wajah, kemudian menjalar ke arah bawah ke seluruh bagian tubuhnya.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegahnya?

Menyusui secara rutin dengan susu formula atau normal akan sangat membantu untuk membuang kotoran dalam tubuh bayi.
Apakah penyakit kuning ini berbahaya? Apakah perawatan pada penyakit ini sangat dibutuhkan?
Penyakit kuning ini termasuk penyakit yang sangat berbahaya. Bilirubin adalah racun bagi sel-sel pada syaraf yang membentuk jaringan otak. Penyakit ini juga bisa mengakibatkan cerebral palsy, ketulian, dan kemunduran pada mental anak.
Ya, perawatan sangat dibutuhkan untuk menghindari dari kemungkinan-kemungkinan yang lebih membahayakan sang anak.
Bagaimana perawatan pada penyakit kuning ini dilakukan? Bisakah dihindari dengan obat?
Apakah lampu pijar atau sinar matahari bisa membantu?

Phototherapi (perawatandengan sinar) sangat aman dan efektif. Bayi akan dimonitor terus selama perawatan. Pelindung mata akan digunakan untuk memproteksi mata bayi selama perawatan berlangsung. Bila penyakit kuningnya parah dan tidak merespon kerjanya phototerapi, maka transfusi darah akan diperlukan.
Mungkinkah penyakit kuning ini akan kembali?
Tidak. Pada setiap bayi, penyakit kuning ini akan terpecahkan setelah 1 sampai 2 minggu dan tidak akan kembali lagi. Pada bayi yang menyusui, penyakit kuning ini bisa bertahan hingga 10 minggu.
Semua bayi yang baru lahir harus melakukan pemeriksaan dokter sampai solusi penyakit kuningnya terpecahkan. Bila penyakit kuning lama bertahan di tubuh si bayi ditakutkan ada hubungannya dengan hepatitis atau penyakit hati. Penting untuk diketahui, bila kotoran bayi Anda bewarna pucat atau coklat muda itu tergolong abnormal dan harus Anda periksakan ke dokter secepatnya.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "PENYAKIT KUNING PADA BAYI BARU LAHIR"

Posting Komentar